Pages

Minggu, 09 Januari 2011

MISTERI SHALAT SUBUH


MISTERI SHALAT SUBUH
DR. RAGHIB AS-SIRJANI

Shalat merupakan tiang agama. Bila shalat seorang muslim terpelihara berarti pondasi agamanya kokoh nan kuat. Namun apalah jadinya bila salah satu tiangnya tak terpelihara, maka terjadi ketimpangan dan pondasi agamanya cacat. Demikian pula bila shalat Subuh dilalaikan maka pondasi Islam seseorang tengah mengalami kehancuran. Ternyata di balik shalat Subuh tersimpan rahasia yang menakjubkan. Banyak permasalahan yang, bila dirunut, bersumber dari pelaksaan shalat Subuh yang disepelekan. Itulah sebabnya, para sahabat Nabi berusaha sekuat tenaga agar tidak kehilangan waktu emas itu. Pernah, suatu ketika mereka terlambat shalat Subuh dalam penaklukan benteng Tastar. "Tragedi" ini membuat sahabat semisal Anas bin Malik selalu  menangis bila mengenangnya.
Yang menarik, Subuh ternyata juga menjadi waktu peralihan dari era jahiliyah menuju era tauhid. Kaum 'Ad, Tsamud, dan kaum pendurhaka lainnya, dilibas petaka pada waktu Subuh – yang menandai berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid.
'Misteri Shalat Subuh' mencoba menganalisis bahwa keterpurukan umat Islam dewasa ini, tak lepas dari akibat diremehkannya shalat Subuh. Bagaimana alur logikanya? Dr. Raghib As-Sirjani mengulasnya tuntas dalam buku ini. Keluasan wawasan sang penulis, ditambah kedalaman pengetahuannya akan nash-nash syar'i, menyadarkan kepada kita ihwal keistimewaan shalat Subuh yang selama ini kurang banyak dimengerti oleh umat Islam. Tak lupa, beliau tuliskan tips-tips praktis agar mudah melaksanakan shalat Subuh.
Dr. Raghib As-Sirjani adalah seorang dosen kehormatan di Fakultas Kedokteran, Universitas Kairo. Lulus dari almamater yang sama dengan predikat cum laude pada 1988 dan tamat program magister pada 1992. menempuh studi doktoral di dua negara, Mesir dan AS, hingga meraih gelar doktor di bidang Spesialis Bedah Ginjal pada 1998. Di sela-sela kesibukannya beliau sempat menyelesaikan program tahfizh Al-Qur'an 30 juz pada 1991. Penulis kelahiran tahun 1964 ini dikenal memiliki perhatian serius terhadap berbagai persoalan umat. Selama kurun waktu 20 tahun banyak mengkaji sejarah dan peninggalan Islam. Memiliki banyak sumbangsih di bidang dakwah dan ilmiah, di antaranya dengan mendirikan Markaz Al-Hadharah Al-Islami lid Dirasatit Tarikhiyyah (Islamic Civilization Centre for Historical Studies), Kairo.
Buku ini mencoba untuk menggugah umat Islam agar sadar dari mimpi-mimpi mereka di malam hari. Bagi anda yang berminat, anda dapat membaca atau meminjamnya di Maktabah Al-Islam Sumberharjo. GRATIS dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About