Pages

Jumat, 24 Desember 2010

Akulah Pakar Maksiat


Sekilas Tentang Syaikh Ibnu Hazm al-Andalusi:

Beliau adalah 'Ali bin Ahmad bin Hazm, Abu Muhammad, seorang ulama` Andalusia yang memegangi madzhab zhahiri, sebuah madzhab yang mengacu kepada makna lahir dari nash-nash Al-Qur'an dan as-Sunnah.
Beliau diakui keilmuannya baik oleh mereka yang sefikrah dengan beliau maupun yang tidak sefikrah. Beliau sebenarnya termasuk keluarga pejabat Negara, namun karena melihat kondisi keterbelakangan umat Islam beliau merasa tergugah hatinya untuk membangkitkan mereka dari keterpu-rukan tersebut. Tiada lain satu-satunya pembangkit adalah ilmu, demikian pikir beliau. Maka sejak saat itulah beliau sangat serius memperdalam ilmu agama. Diriwayatkan bahwa seringkali beliau mengunci pintu kamarnya beberapa hari agar tidak seorang pun mengganggunya dari kegiatan studi otodidak di dalam kamar.
Kesungguhan usaha beliau pun menuai hasil. Beberapa tahun setelah usaha keras setiap hari tanpa kenal lelah, baik dengan belajar secara otodidak maupun dengan menghadiri majlis-majlis ilmu para ulama` di masa itu, dan juga disertai kecerdasan akal yang cemerlang, akhirnya beliau mencapai derajat ulama` yang mumpuni dalam berijtihad. Namun demikian memang kitab-kitab beliau hanya sedikit yang masih ada di masa kini. Konon karena mereka yang hasud & benci kepada beliau menghancurkan karya-karyanya agar tidak tersebar ke penjuru dunia. Wallâhul Musta'ân. []

Buku ini merupakan terjemah dari nasihat beliau tentang buruknya maksiat dalam cinta; tertulis dalam kitab beliau yang berjudul: طوق الحمامة.
Fadhilatus Syaikh Ibnu Hazm al-Andalusi azh-Zhahiri menulis:

DAPATKAN KELANJUTAN CERITANYA DENGAN MEMBACA BUKUNYA
dapatkan maktabah PWM 
Hanya Rp 1.000

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About